Danau Kaolin di Bangka Belitung, Bekas Tambang Timah Berwarna Biru

Danau Kaolin Bangka Belitung

Danau Kaolin Bangka, Kepulauan Bangka Beilung. Foto oleh Instagram @rendsaputra-


Bangka belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari dua pulau besar yaitu, pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata menarik yang ada di pulau Bangka saja, yakni Danau Kaolin atau dengan sebutan lain Danau Biru dan Kulong Biru. Jadi apa sih Danau Kaolin ini? Apakah air di danaunya memang benar-benar biru? Jawabanya, tentu saja.

Wisata Danau Kaolin

Danau kaolin atau Danau Biru adalah danau bekas galian tambah timah yang kini menjadi salah satu objek wisata favorit yang ada di Pulau Bangka karena keindahannya yang menyejukkan mata. Danau ini memiliki warna yang biru yang dikelilingi gundukan pasir putih. Objek wisata Danau kaolin berada di Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Masyarakat setempat biasa menyebutnya ‘kulong biru’. Jika dari Pangkal Pinang, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit menggunakan kendaran roda dua ataupun roda empat.

Danau Biru Kaolin Bangka Belitung

Danau Kaolin Bangka, Kepulauan Bangka Beilung. Foto oleh Instagram @rendsaputra_

Bekas Tambang Timah, jadi Tempat Wisata yang Indah

Provinsi kepulauan Bangka Belitung merupakan daerah penghasil timah terbanyak yang ada di Indonesia, tidak heran jika banyak sekali bekas galian tambang yang ditinggalkan begitu saja oleh oknum-oknum penambang ilegal, yang akhirnya menjadi kerusakan parah untuk daerah ini. Tapi ternyata, selain kerusahan yang tersisa dari bekas galian timah, ada juga keindahan yang akhirnya menjadi tempat wisata, termasuk danau kaolin ini. Bekas tambang yang ditinggalkan selama bertahun-tahun ini akhirnya membentuk suatu keunikan atau fenomena yang menakjubkan sehingga airnya menjadi biru terang dan cerah.

BACA JUGA:

Wajib mengunjungi Danau ini ketika Berkunjung ke Pulau Bangka

Kamu wajib mengunjungi Danau ini jika berkunjung ke pulau Bangka, Karena destinasi ini jarang sekali ada di tempat lain. Kamu bisa ber-swafoto dengan lanskap latar biru indah, seolah-olah kamu sedang berada di luar Negeri. Untuk biaya masuk ke lokasi ini juga cukup terjangkau, karena kamu hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaran. Sedikit tips jika kamu ingin pergi ke sini pada siang hari, usahakan memakai baju atau pelindung dari terik sinar matahari secara langsung, karena pada saat musim kemarau danau ini akan panas sekali. Dan berhati-hatilah saat melangkau di kawasan pinggir danau karena licin, meskipun telah dipasangi pagar pembatas.

Danau Biru Bangka Belitung
Danau Kaolin menjelang sore. foto oleh @rendsaputra_


BACA JUGA:
Reactions

Post a Comment

0 Comments