Narasi Hari Ini

Narasi Hari Ini


Waktu menunjukkan pukul 17.21 dari jam dinding rumah tua ini. Hujan belum bosan membasahi Bumi sejak pagi tadi. Aku berada di dapur rumah tua peninggalan Nenek yang sudah meninggal tiga tahun lalu. Rumah papan yang sudah mulai rapuh, lubang dimana-dimana, rembes air memberi kesan estetika dari papan yang tersusun bertingkat. Aku sedang menulis ini di sebuah meja yang berisi dispenser dengan setengah air galon di atasnya, segelas kopi yang tersisa setengah, dua novel dan satu buku catatan, dan sebungkus rokok. Aku duduk di kursi plastik berwarna hijau yang sudah mulai memudar, kaki bersila di atasnya, memutar musik dari daftar putar kesukaan. Sore ini hujan memaksa diriku untuk tetap berada di rumah. Hari minggu selalu saja terasa singkat, terkesan membosankan, tidak sesuai rencana yang disusun pada hari sabtu, serta membawa kemalasan yang berlipat ganda. Tapi, menulis tidak boleh aku tunda, sebab sudah terlalu lama kata tak keluar begitu saja dari kepala. Ku paksa saja semuanya mengalir, sampai paragraf ini mencapai kata terakhir.

Kopi hitam yang sudah mulai dingin ku seruput lagi perlahan, rasanya tetap sama ketika masih hangat, ku hisap lagi sebatang rokok dan ku hembuskan, asapnya menabrak bebas komputer jinjing di hadapanku yang sudah terisi setengah tulisan ini. Kalimat aku lanjutkan, hujan reda perlahan. Aku sudah sampai pada tahap yang bebas merangkai kata pada beberapa baris dari tulisan ini. Sebentar lagi sore akan berakhir, semoga saja malam ini tidak hujan. Ada kota yang ingin ku jelajahi di hari libur ini, lampu-lampu pinggir jalan yang menyegarkan mata, serta suara-suara kendaraan yang membuat syahdu telinga. Begitulah kota.

Hujan benar-benar sudah berhenti. Kudengar suara kendaraan sudah mulai berlalu lalang dari jalan di depan, yang pergi akan pulang kerumah, yang kehujanan mulai meninggalkan tempat singgah. Begitulah kehidupan. Di tulisan ini aku mencoba menggambarkan keadaan sekitar menggunakan panca indra. Melihat kayu yang kusam, wangi aroma kopi dan kertas, suara rintik hujan terakhir serta kendaraan dan musik, dingin telapak kaki serta sentuhan jari di tuts komputer jinjing. Menakjubkan sekali rasanya bisa sebebas ini. Menepi dari keramaian dunia maya yang dipenuhi dengan komentar-komentar warganet yang beragam. Dari cacian sampai pujian, dari lucu-lucu-an sampai penistaan. Aku mencoba keluar sejenak dari itu semua. Emosi dalam diri manusia benar-benar sensitif. Aku rasa dengan menulis bebas seperti ini aku merasa baik-baik saja, tanpa ada yang perlu dikhawatirkan. 

langit kembali menghitam, pertanda malam akan segera tiba diiringi hujan yang turun kembali.  Aku kembali terdiam. Kehilangan kata-kata. maka ku rangkai saja puisi sederhana.

segala rasa adalah nyawa
segala jiwa adalah semesta
denting dan detak serupa irama
yang bercampur nada-nada di udara

sajak yang sederhana
puisi penabur rasa
dalam ketukan jari-jari 
dalam susunan kata yang hati-hati

Tuhan. .
jika aku adalah manusia yang ingkar 
temukan aku pada kebesaranMu
seperti hujan yang jatuh ke bumi
seperti gunung yang menjulang tinggi

Tuhan. .
dalam segala cemas aku berdoa
dalam segala sedih aku berduka
izinkan aku melihat semesta raya
dengan segala rasa yang masih ada

waktu tak pernah memudar
tak pernah habis
tak pernah lekang
tak pernah terkikis

Februari, 2019
Rendy Saputra

Reactions

Post a comment

1 Comments

  1. GaleriQQ Agen Bandarq, Domino99, Bandar Sakong Online Terbesar

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Sakong Terbesar di asia hadir untuk anda semua dengan games - games menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan GaleriQQ :
    * Bonus rollingan 0.5% setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup (5% X-tra untuk anda para pencari bonus reff di indonesia)
    * Dan masih banyak bonus menarik lain nya yang bisa anda dapatkan di GaleriQQ

    Games Yang di Hadirkan GaleriQQ :
    * Poker
    * Bandar poker
    * BandarQ
    * AduQ
    * Domino99
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsasusun

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : GaleriQQ
    Twitter : GaleriQQ
    BBM : D60A983B/galeriqq
    WA : +855968017703
    LINE : csgaleriqq

    Kunjungi Juga situs kami di :
    Agen BandarQ
    Togel Online

    ReplyDelete