Peduli untuk merasa tidak peduli



kita terlahir satu apa yang membuat kita harus sama dengan orang lain?bukankah kita terlahir beda.menyamaratakan diri dengan kehendak orang lain, sama saja dengan menganggap diri sendiri tidak istimewa.
sudah saatnya berhenti.
berhenti untuk peduli pada hal yang yang tidak penting


peduli untuk merasa tidak peduli? mungkin ada yang bingung dengan hal itu. 

Sebelum itu, aku ingin bercerita sedikit tentang sebuah pikiran, rasa atau hal-hal yang seringkali hadir dalam keseharian kita. Dari mulai rasa sedih, bahagia, kecewa atau tentang pikiran kita dengan suatu hal. 

Aku adalah orang yang tumbuh dari keluarga yang sangat harmonis, penuh cerita, penuh warna dan penuh dengan segala canda. Namun tak jarang aku berada dalam penjara kecewa dan sedih, dibalik semua rasa bahagia itu. Tapi aku cukup merasa beruntung. Entah itu memang suatu keberuntungan, atau karena aku tak pernah lupa bersyukur. Terlepas dari mana aku menilai bahwa aku bahagia terlahir dari keluargaku saat ini, itu tidaklah penting. Mungkin semua orang akan merasa beruntung berasal dan tumbuh dari keluarganya saat ini, atau mungkin juga merasa kecewa terlahir dari keluarga yang dianggapnya tidak seperti orang lain.

Dari semua hal itu, sebenarnya sederhana. Itu hanya perihal bagaimana cara kita memandang sesuatu, bagaimana cara kita merasakan sesuatu dengan cara yang berbeda untuk mengarah pada hal yang baik untuk diri kita sendiri. Aku berasal dari keluarga yang tidak bergelimang harta, hidup sederhana dan berkecukupan. Aku diajarkan untuk menjadi anak yang tumbuh dengan pikiran dan usaha sendiri, aku tidak diajarkan untuk menjadi manja, atau untuk menjadi anak yang selalu mementingkan ego ketimbang perasaan. Di sanalah aku tumbuh menjadi seperti sekarang ini, dan menulis semua ini. Tapi dari semua itu aku tidak selalu melewati jalan yang lurus dalam segala hal. Aku sering dibanding-bandingkan, sering dianggap gagal, sering dianggap tidak bisa seperti ini-itu. Dan apakah kalian tahu hal apa yang paling menyedihkan dari hidup ini? bagiku, merasa tidak dihargai. Ketika seseorang tidak dihargai, ia akan mulai merasa kurang beruntung, membandingkan diri dengan orang lain, merasa gagal, dan merasa Tuhan tidak adil terhadap dirinya. Tapi syukurlah, aku tidak memilih pandangan seperti itu semua. Aku lebih memilih dengan pandangan yang berbeda. Jika orang lain mampu membeli mobil dan aku tidak mampu, aku tidak perlu menjadi seperti itu dan merasa aku tidak beruntung. Aku cukup bersyukur dan memandang diri dari sisi lain. Misal, bagaimana rasanya orang bahkan tidak mampu untuk membeli motor sementara aku merasa tidak beruntung karena tidak bisa membeli mobil. Intinya, kita tidak harus menjadi orang lain untuk bisa terlihat baik. 

jadi apa inti dari peduli untuk merasa tidak peduli

intinya adalah bahwa kita harus mulai peduli pada diri kita sendiri ketimbang peduli dengan segala ucapan atau singgungan orang lain terhadap kita. Jika orang lain merasa kita tidak mampu menjadi apa yang dia inginkan, ya sudah(bodo amat). jika orang lain merasa pikiran kita berbeda dengan pikirannya, ya sudah. Peduli setan. Ada banyak manusia di Dunia ini, dan kita masih punya banyak hal untuk dipedulikan daripada mengikuti keinginan orang lain. itulah inti dari peduli untuk merasa tidak peduli.

Mungkin kita pernah berada pada posisi tidak dihargai, berada pada posisi yang memaksa kita untuk terpaksa melakukan hal yang bahkan kita tidak mampu lakukan. dan anehnya kita berusaha untuk bisa dihargai dan berusaha untuk bisa melakukan hal itu.
Kenapa itu bisa terjadi? karena kita merasa untuk peduli dengan hal itu. Akhirnya kita mencari cara supaya dihargai, kita mencari cara untuk bisa melakukan hal yang orang lain inginkan meski itu terpaksa. Kita terlalu peduli pada hal yang tidak penting, pada hal yang membuat kita tidak istimewa, hidup dalam kehendak orang lain. Maka dari itu, berusaha untuk tidak peduli adalah hal yang menyenangkan. Kau bisa berbuat sesuatu, berkarya atau hal lainnya yang membuatmu bebas tanpa harus berpikir apakah orang lain senang atas apa yang kita lakukan. Menjadi bebas itu menyenangkan bukan? berpuisilah tanpa harus merasa dipandang laki-laki lembut, bernyanyilah tanpa harus berpikir bahwa suaramu tidak bagus, berpenampilanlah sesuai keinginanmu tanpa harus memikirkan penilaian bahwa itu tidak cocok denganmu. Sekali lagi, ada banyak manusia di Dunia ini, kita tidak akan mampu menyamaratakan diri kita dengan orang lain. 

aku adalah aku
terlepas dari apa yang dinilai orang lain
aku tidak peduli
dunia diisi beragam manusia
dan kita mesti hidup dari segala perbedaan itu



Reactions

Post a Comment

0 Comments