Yang Terbaik Adalah Merelakan

 

Yang terbaik tidak pernah datang untuk menemuimu.
Yang terbaik juga tidak pernah menunggu untuk kau temui.
Yang terbaik adalah yang tidak pernah kau harapkan sekalipun.
Ia hanya datang untukmu dan kau datang untuknya. 
Itulah yang terbaik.

Merelakan adalah yang Terbaik

Pada kenyataan yang seringkali sulit diterima, pada harapan yang seringkali tidak sesuai kenyataan, begitulah kehidupan. Kita tidak bisa memutar waktu lalu mengubah apa yang sudah terjadi dan berlalu. yang terjadi biarlah terjadi dan yang telah berlalu biarlah berlalu, kita cukup menjadikan itu semua pelajaran dan cerita untuk masa depan. Semesta tidak selalu menghadirkan kepada kita sebuah keindahan, sebuah jalan yang mulus untuk menuju masa depan, atau sebuah kenyataan yang baik yang selalu kita idam-idamkan. Semesta seringkali menghadirkan kita rasa sakit untuk menjadi kuat, menghadirkan kita rasa pahit untuk akhir yang manis, begitulah harusnya manusia bertahan pada dunia fana ini. yang terbaik adalah diri kita yang tidak pernah mati meskipun terkubur dalam tanah
Ada banyak hal di dunia ini yang masih menjadi rahasia dan sampai kapanpun tetap akan menjadi rahasia. 
Hari ini aku menyadari sesuatu yang baru, yaitu arti mendalam dari kerelaan. Merelakan sesuatu adalah hal yang seharusnya sudah aku lakukan sedari dulu, sebab setelah ku pahami lebih dalam lagi bahwa merelakan adalah suatu cara yang baik untuk menjadi lebih baik lagi. Ketika seseorang hanya bertahan pada satu genggaman maka ia tidak akan pernah bisa menggenggam hal lain, ketika seseorang hanya bertahan pada satu tempat maka ia tidak akan pernah beranjak dan melihat tempat lain. Tapi tidak bagi seseorang yang mampu merelakan, melepas sesuatu yang baginya tidak lagi penting untuk dipertahankan. Tapi pada dasarnya manusia memang sulit untuk merelakan sesuatu, sulit untuk meninggalkan jejak pada hal-hal yang sudah berlalu. Kita terjebak dalam zona yang membawa kita pada titik terberat dalam kehidupan, yaitu bertahan dalam paksaan.
Seseorang yang sudah terjebak dalam zona nyaman dan zona masa lalu akan sulit untuk menjalani kehidupan di masa depan. ia akan terus terbelenggu pada apa yang ia pertahankan, ia akan merasa sakit pada apa yang ia genggam. Maka dari itu, aku bersyukur telah menyadari bahwa merelakan sesuatu adalah hal yang sangat penting untuk menuju suatu hal yang baik. Sebab, ketika seseorang melakukan itu, maka ia akan bebas tanpa hambatan apapun.
Akan selalu ada seseorang yang mampu membawamu pada kenyamanan dan kebahagiaan. Seseorang yang tidak pernah kau bayangkan sebelumnya, seseorang yang bahkan tidak pernah kau harapkan di penghujung malam sebelum sebelum tidurmu, orang itulah yang akan jadi kado terindah dari Tuhan dalam kehidupan. Dia bukan yang terbaik sebagaimana juga dirimu, dia bukan yang sempurna sama seperti dirimu, tapi, dia adalah orang yang tidak akan pernah lagi ingin kau lepas dalam genggaman atau pelukanmu. Dialah yang terbaik. Hadir dari rahasia yang dunia ini sembunyikan dari dirimu. Percayalah itu sebagaimana kau percaya pada hal yang sulit untuk kau relakan sebelumnya. 

kita adalah doa pada mimpi yang angkuh
yang mengharapkan kenyataan indah namun lupa mengamini
kita adalah syair dari semesta yang megah
hidup dalam segala rasa yang dipenuhi resah

rangkaian kata tak selalu menggambarkan cerita
ia hanya tersusun menjadi harapan
ia hanya berperan sebagai pesan
sebagaimana mestinya doa tak selalu berisi pinta 

bisikanku mungkin tak terdengar
atau juga lambaianku tak terlihat
aku harap tanpa tapi dan syarat
kita bertemu pada waktu yang saling menyatu

Oktober 2018
-Rendy Saputra






Reactions

Post a Comment

0 Comments